Pengertian
AMI-C
Kolaborasi
antarmuka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk
menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi
kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus
dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.Setiap
perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan.
Perangkat elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu system keselamatan
dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk
standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C
mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif
yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik
mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis
standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di
telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang
akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk
perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama
dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Kendaraan
segera akan mengalami peningkatan perlengkapan dengan ditambahkannya sistem
digital yang mendukung beberapa aplikasi seperti untuk mengakses informasi,
komunikasi, kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap aplikasi multimedia
pada kendaraan meningkat, misalnya pada periode 2003-2005. Seperti: pengenalan
aplikasi real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan semakin
meningkatnya komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan pariwisata dan
travel. Oleh sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang diletakkan pada
kendaraan akan meningkat.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment.
Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform
software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif
berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan
pilihan software aplikasi yang luas.
Struktural AMI-C
Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga
update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan
teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di
Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC
telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini
dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai
persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan
mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah
saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk
menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita
bersama-sama. “
Acton
menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis
elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh
12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler,
Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen,
Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana
untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
Implementasi
Otomotive Multimedia di Berbagai Bidang
1.
Dalam
Bidang Industri Mobil
Pengembangan
serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik
kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat
elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini dilakukan oleh pendiri BMW,
DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA /
Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW.
2.
Dalam
Bidang Bisnis
·
Company
Profile
·
Presentasi
Bisnis
·
Simulasi
atau demonstrasi produk
3.
Dalam
Bidang kesehatan
·
Simulasi
anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
·
Simulasi
bakteri, virus, cara kerja penyakit
·
Media
penyuluhan kesehatan
Kelebihan
dan Kekurangan dari Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Kelebihan
:
1.Dapat menyediakan interface standar untuk memungkinkan
pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat
komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui
manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis,
untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan
untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan
diagnostik input / output.
2. Dapat meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem
elektronik kendaraan.
3.Dapat memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan
peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
4. Dapat menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk
informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Kekurangan
:
Dengan system AMIC ini
harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti di jual dengan
harga mahal.
Saran
Dengan kemajuan system
seperti ini harus dilengkapi dengan keamanan system yang melindungi dari
berbagai ancaman, baik dari aplikasi maupun databasenya sehingga tidak
mengganggu proses kerjanya.
Sumber
:
http://dwisucisaraswaty.blogspot.com/2014/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar