Minggu, 24 November 2013

CLOUD STORAGE


CLOUD STORAGE

            Dalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan akan data merupakan hal yang tak bisa terhindarkan lagi. Semua dari hasil kerja kita pasti berupa data baik yang berupa nyata ataupun berupa data digital. Data digital merupakan suatu kumpulan kode yang merepresenasikan hasil kerja kita agar bisa dibaca oleh komputer. Pada dasarnya data digital, pastilah mempunyai suatu ukuran (size) yang menjadi batasannya. Dengan size tersebut maka data digital dapat diartikan sebagai sesuatu yang spesifik dan dapat didefinisikan bentuknya.
Data digital, memiliki kelebihan jika dibanding dengan data nyata yaitu dapat dipakai terus menerus tanpa mengalami perusakan atau dapat disebut memiliki kualitas yang sama. Data digital dapat digunakan terus menerus karena dapat disimpan untuk bisa digunakan terus menerus jika disimpan di dalam alat penyimpanan (storage). Namun muncul suatu persoalan dimana data-data tersebut akan terus menumpuk dan akhirnya memenuhi kapasitas strarage kita. Maka solusi yang biasanya diambil adalah penghapusan data yang lama atau dengan penambahan storage baru.


Dengan perkembangan dunia maya yang cepat maka jawaban dari masalah storage yang selama ini belum bisa diatasi dapat dipecahkan yaitu dengan Cloud Computer (Cloud Storage). Cloud Storage merupakan layanan penyimpanan data secara Online di Storage Server, atau dengan kata lain data kita akan disimpan pada database(storage) milik server online. Dengan cloud storage penggunanya tidak perlu lagi untuk membawa data digital dalam alat penyimpanan yang banyak melainkan sewaktu-waktu dapat diunduh dan diambil lagi untuk digunakan melalaui jaringan internet untuk mengakses data di server.
            Tujuan dari pembuatan penelitian ini adalah untuk mengenalkan sistem penyimpanan Cloud Storage.

I.3   Manfaat teoritis untuk jurusan
Dengan mempelajari sistem ini diharapkan mahasiswa :
·         Dapat mengerti apa itu cloud strorage, dan bagaimana sistem kerjanya.
·         Dapat mengerti alur pembuatan cloud storage.
·         Mengetahui dan menguasai penggunaan cloud storage.
I.4   Manfaat akademis untuk masyarakat
Adapun manfaat dari aplikasi untuk masyarakat umum yaitu:
·         Dapat mempelajari program aplikasi cloud storage.
·         Mengetahui serta menguasai cara penggunaan aplikasi cloud storage.
·         Mengerti lebih jauh tentang sictem aplikasi penyimpanan cloud storage.
I.5   Teori
Konsep Dasar Sistem
Cloud Storage adalah media penyimpanan data yang dapat diakses oleh para penggunanya lewat jaringan internet. Tentu saja filenya berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage. Ilustrasinya seperti ini, Jika saya seorang web designer, saya memerlukan banyak gambar, font, ilustrasi, flash dll, nah untuk memudakan saya bekerja dimana saja, saya menyimpannya di cloud storage.
Yang paling ditekankan dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengaksesdata-data kita di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi, disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, tidak lepas juga akan kekurangan system tersebut, kekurangannya adalah terletak pada hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain jika kita tidak berhati-hati. Walaupun kita sudah begitu berhati-hati tetap tak menutup kemungkinan akun kita dibuka orang lain. Kekurangan lain adalah gangguan pada saat mengakses data, entah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau server yang sedang 'down'.
Beberapa sistem cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik kita. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif daripada bertukar salinan data baik secara online maupun offline.

Sistem Kerja Cloud Storage
Ketika berbicara tentang sistem cloud computing, sistem ini terbagi menjadi dua bagian: ujung depan dan ujung belakang. Mereka terhubung satu sama lain melalui jaringan, biasanya adalah Internet. Ujung depan adalah sisi pengguna komputer (user), atau klien (client), melihat. Bagian belakang adalah “cloud” bagian dari sistem.
Gambar 1. Urutan Depan Belakang
Ujung depan termasuk komputer klien (atau jaringan komputer) dan aplikasi yang diperlukan untuk mengakses sistem komputasi awan. Tidak sistem komputasi awan semua memiliki antarmuka pengguna yang sama. Layanan seperti Web-based e-mail program memanfaatkan browser Web yang ada seperti Internet Explorer atau Firefox. Sistem lain memiliki aplikasi unik yang menyediakan akses jaringan untuk klien.
Di ujung belakang sistem adalah berbagai komputer, server dan sistem penyimpanan data yang menciptakan “cloud” dari layanan komputasi. Secara teori, sebuah cloud computer system dapat mencakup hampir semua program komputer yang dapat anda bayangkan, dari data pengolahan hingga video game. Biasanya, setiap aplikasi akan memiliki server khusus nya sendiri.

ambar 2. Sistem Pengolahan Sistem
Sebuah server pusat mengelola sistem, memantau lalu lintas dan permintaan client untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Sistem ini mengikuti seperangkat aturan yang disebut protokol dan menggunakan jenis khusus dari perangkat lunak yang disebut middleware. Middleware network memungkinkan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Sebagian besar, server tidak berjalan pada kapasitas penuh. Itu berarti ada kekuatan pemrosesan yang hasil buangannya tidak terpakai. Maka akan memerlukan sebuah cara. Teknik ini disebut virtualisasi server. Dengan memaksimalkan output dari setiap server, virtualisasi server mengurangi kebutuhan pada mesin dalam bekerja.
KELEBIHAN
·         Lebih mudah dalam penyimpanan data.
·         Lebih mudah dalam pengaksesan data-data kita.
·         Mengurangi resiko kehilangan data-data akibat hilangnya storage fisik kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar